Info Teknologi

Apa itu Aksesoris OEM atau Produk OEM?

Halo sobat tekno, sobat pasti sering mendengar tentang istilah OEM, terutama ketika membeli aksesoris dari suatu gadget. Biasanya barang-barang OEM memiliki harga yang lebih murah dari pada harga original. OEM tidak hanya ada pada hardware beberapa produk software juga ada yang OEM. Apa sebenarnya OEM dan apa yang membuatnya memiliki harga yang lebih murah? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu OEM?

OEM adalah kependekan dari Original Equipment Manufacturer. Definisi dari OEM sendiri sering mengalami pergeseran makna. Lalu apa sebenarnya OEM itu?

Suatu perusahaan biasanya akan membuat dua versi produk berdasarkan jalur pemasaran produknya. Pertama adalah versi RITEL, yaitu produk yang langsung didistribusikan/dijual langsung ke end user/konsumen. Kedua adalah versi OEM, produk yang dijual ke perusahaan/manufaktur lain untuk diproduksi oleh perusahaan tersebut atau digunakan sebagai komponen untuk membuat produk baru. Produk OEM biasanya dijual dengan sistem volume/jumlah pembelian yang berjumlah besar.

Perusahaan yang membeli produk dari produsen asli disebut sebagai VAR (Value Added Resseler). Sebagai contoh Lenovo menjual suatu Dekstop PC dengan prosessor intel core i7, dengan paket penjualan include OS Windows 10. Lenovo adalah VAR, Intel dan Microsoft adalah OEM. Sobat bingung?

Jadi Intel sebagai produser original Processor i7 menjual produknya ke Lenovo untuk digunakan pada Dekstop PC buatan Lenovo. Penjualan ini biasanya dengan volume sangat besar. Intel adalah Produsen Produk Asli (OEM) sedangkan Lenovo adalah Value Added Resseler. Begitu juga untuk kasus Windows 10, Lenovo membeli lisensi windows 10 kepada Microsoft untuk digunakan pada Dekstop PC buatannya. Pembeliannya tentu dengan volume/jumlah lisensi yang besar. Microsoft adalah OEM sedangkan lenovo adalah VAR.

Namun seringkali penggunaan istilah OEM lebih sering disematkan pada produk dari pada produsennya Sebagai contoh Windows 10 pada ilustrasi diatas lebih sering disebut sebagai Windows 10 OEM.

Kenapa OEM bisa lebih murah?

Windows 10 OEM - Tanpa Kemasan/Manual
Windows 10 OEM – Tanpa Kemasan/Manual

Biasanya produk-produk dengan label OEM memiliki harga lebih murah daripada Original? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan harga produk OEM lebih murah, diantaranya:

Windows 10 Retail - Dengan Kemasan Menarik dan Dilengkapi Buku Manual
Windows 10 Retail – Dengan Kemasan Menarik dan Dilengkapi Buku Manual

Packaging/Kemasan

Produk yang dijual secara jalur retail/langsung ke konsumen biasanya memiliki kemasan yang menarik dan atraktif, disertai manual penggunaan, CD driver dll. Sedangkan pada produk OEM yang dijual kepada perusahaan lain tidak perlu kemasan yang menarik karena biasanya akan digunakan/dibranding ulang dengan brand dari perusahaan pembelinya.

Volume Produksi dan Distribusi

Produk OEM diproduksi dengan jumlah yang besar dan distribusi produknya biasanya terpusat. Karena produk tidak perlu didistribusikan ke berbagai banyak lokasi(konsumen) sehingga akan menghemat biaya produksi dan distribusi.

Warranty/Garansi

Produk OEM memiliki waktu garansi yang lebih singkat atau bahkan tidak sama sekali. Biasanya garansi akan dilimpahkan ke perusahaan pembeli. Sebagai contoh, Intel tidak memberikan garansi untuk Dekstop PC yang dibuat oleh Lenovo tadi akan tetapi Lenovo yang akan memberikan garansi terhadap Dekstop PC yang dibuatnya.

Manual / Layanan Pelanggan

Sama seperti garansi, Intel maupun Microsoft tidak memberikan layanan technical support untuk produk mereka pada Dekstop PC produksi Lenovo. Pengguna bisa mendapatkan layanan technical support dari Lenovo.

Sehingga dengan adanya faktor-faktor tersebut maka harga ‘produk OEM’ biasanya lebih murah daripada versi Ritel atau ‘produk original’.

Kualitas Produk

Lalu bagaimana dengan kualitasnya? Kualitas produk OEM maupun RITEL sebenarnya sama saja karena yang membedakan hanya jalur pemasarannya saja.

Sobat punya tanggapan/pertanyaan terkait produk OEM? bagi pertanyaan sobat dikolom komentar dibawah ini.

Tambahkan Komentar

Most popular

Most discussed