Info Teknologi

iPhone XS, iPhone X Plus, iPhone 9 : Rumor, Harga, Spesifikasi 2018

Rumor Terbaru iPhone iPhone XS, iPhone X Plus, iPhone 9

Apple akan meluncurkan produk baru pada 12 September di Teater Steve Jobs Cupertino, California. Produk baru ini ditengarahi adalah peluncuran seri iPhone dan apple watch terbaru. Untuk informasi mengenai apple watch terbaru sobat bisa cek disini. Rumor sesuai dengan bocoran gambar dari 9to5mac, akan ada tiga jenis iphone baru yang akan diluncurkan. Untuk penamaannya sendiri masih belum pasti dan terdapat beberapa rumor yang beredar:

  • iPhone XS Max: Rumor terbaru menyebutkan bahwa apple sudah tidak akan menggunakan label ‘Plus’ untuk versi upgrade dari iPhone. Apple akan memberikan label ‘Max’.
  • iPhone XS, iPhone XS Plus, iPhone 9: Rumor terbaru dan merupakan penamaan yang paling diterima saat ini.
  • iPhone X2: Meneruskan seri pendahulunya yakni iPhone X.
  • iPhone X, iPhone X Plus, iPhone X SE: Ini sesuai dengan rumor foto yang diuraikan di bawah ini, terutama jika Apple menggunakan semua desain iPhone X pada iPhone terbarunya.
  • iPhone X and iPhone 9: Apple meneruskan penamaan saat ini untuk membedakan lineup X untuk pasar high-end dari opsi yang lebih terjangkau.
  • iPhone 11, iPhone 11 Plus and iPhone 9: Penamaan ini berasal dari analis BlueFin Research yang menyebutkan bahwa Apple akan meniadakan seri iPhone X dan iPhone SE dari lineup. IPhone 8 dan 8 Plus akan tetap dipertahankan sebagai pilihan selain tiga telepon baru yang akan dirilis tahun ini.
Model Terbaru iPhone 2018 : iPhone 9, iPhone XS, iPhone XS Plus - Sumber DetroitBORG/YouTube
Model Terbaru iPhone 2018 : iPhone XS, iPhone 9, iPhone XS Plus – Sumber DetroitBORG/YouTube

Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo adalah yang pertama kali menyatakan bahwa Apple akan merilis tiga iPhone baru pada tahun 2018. Tiga model tersebut akan datang dengan layar 5,8 inci (iPhone XS) seperti iPhone X, 6,1 inci (iPhone 9) dan 6,5 inci (iPhone XS Plus).

Seri iPhone 9 akan menjadi yang paling murah dari tiga perangkat baru tersebut. Menggunakan layar LCD dan bukan OLED seperti pada dua seri yang lain. Kuo juga mengatakan iPhone ini hanya menggunakan satu lensa untuk kamera belakang, bodi aluminium sebagai ganti kaca, dan tidak adanya fitur 3D Touch.

Fitur-Fitur Baru

Fitur apa saja yang akan dihadirkan di ponsel terbaru apple ini? Berikut ini rangkumannya.

Daya Baterai Lebih Baik

Menurut sebuah laporan dari Cult Of Mac, chipset A12 di iPhone mendatang akan menggunakan proses 7-nanometer, yang berarti akan mengkonsumsi energi lebih sedikit daripada prosesor A11 Bionik 10-nm. Dengan potensi penghematan daya hingga 30 persen. Peningkatan kapasitas baterai secara signifikan pada dua model iPhone dengan layar OLED dari pada seri sebelumnya.  kapasitas dilaporkan akan berkisar antara 2.600 mAh dan 3,300 mAh. Hal ini akan meningkatkan ketahanan baterai untuk iPhone baru secara signifikan. Selain itu, Apple akan menggunakan pengisi daya USB  Type-C yang mendukung quick charge. Jika semua rumor sesuai, iPhone terbaru tidak hanya dapat bertahan lebih lama, tetapi juga dapat mengisi kembali dengan cepat.

Penyertaan Fast Charger Adapter

Jika Anda ingin memanfaatkan fitur fast charging di iPhone saat ini, Anda harus membeli aksesori terpisah. Hal tersebut tampaknya berubah pada iPhone keluaran tahun ini. Rumor mengklaim Apple berencana untuk menyertakan aksesori fast charger pada paket penjualan. Laporan terbaru berasal dari MacOkatara, yang mengklaim bahwa Apple akan menyertakan pengisi daya 18W pada iPhone seri terabaru ini.

Processor A12 Lebih Kencang

Pemasok processor Apple Taiwan Semiconductor (TSMC) diyakini telah mendapatkan kontrak untuk memproduksi prosesor di lini iPhone berikutnya. Menurut laporan di BGR, chip tersebut akan dinamai sebagai A12 dan akan memberikan daya yang jauh lebih besar daripada A11 Fusion Chip yang dapat ditemukan pada iPhone X dan iPhone 8. Bloomberg melaporkan bahwa produksi massal A12 sedang berlangsung. A12 adalah chip yang menggunakan proses 7-nanometer, berbeda dengan A-11 yang menggunakan proses 10 nanometer. Dengan menggunakan proses 7-nm memungkinkan fleksibilitas desain yang lebih luas.

Dalam hal kinerja, hasil bocoran Geekbench 4 hanya menunjukkan sedikit peningkatan dibandingkan prosesor A11 di iPhone X saat ini. Namun chip baru ini akan mengungguli ponsel Android yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 845.

Konektivitas LTE lebih cepat

Apple tampaknya sudah memberitahu mitra manufakturnya bahwa mereka ingin mengambil keuntungan dari peningkatan chip LTE. Langkah ini berarti bahwa iPhone 2018 akan memberikan konektivitas lebih cepat melalui jaringan nirkabel. Namun seberapa cepat peningkatan yang dihasilkan tidak dapat dipastikan.

Dukungan eSIM

Sebuah teknologi baru yang diharapkan dapat menggantikan kartu SIM fisik, eSIM pada dasarnya merupakan pengganti internal untuk SIM konvensional plastik yang memungkinkan layanan telekomunikasi (XL, TELKOM, INDOSAT dst) pada perangkat. Manfaat utama untuk eSIM adalah mereka dapat diprogram ulang, memungkinkan pelanggan untuk beralih jaringan sesuka hati. Sebuah laporan dari Barron, Apple mungkin bekerja dengan perusahaan STMicro untuk membawa eSIM ke jajaran iPhone 2018. STMicro sudah pernah memasok komponen eSIM pada Apple Watch 3, jadi itu bukan hal yang mustahil mereka akan melakukan hal yang sama untuk seri iPhone berikutnya. Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah ponsel pertama yang tersedia secara publik yang memanfaatkan teknologi eSIM.

Pilihan Warna Baru

Model 6.1-inch iPhone 9 dengan pilihan warna merah, putih dan biru
Model 6.1-inch iPhone 9 dengan pilihan warna merah, putih dan biru

Rumor berasal dari Ming-Chi Kuo, yang mengatakan bahwa iPhone 6,5 dan 5,8 inci akan tersedia dalam warna hitam, putih, dan emas. Model 6,1 inci akan memberikan lebih banyak pilihan warna – abu-abu, putih, biru, merah dan oranye. Rumor itu didukung dengan bocoran gambar 6 September yang menunjukkan iPhone 9 berwarna merah, putih dan biru.

Perkiraan Harga

Jika Anda kecewa dengan harga smartphone yang terus naik, ada kabar baik tentang harga iPhone seri ini. Secara luas estimasi harga model yang paling mahal, iPhone X Plus (atau iPhone XS Max)), akan memulai debutnya dengan harga yang sama seperti iPhone X tahun lalu yaitu $999 (Rp 15 jt). Sedangkan model 5,8 inci akan dilabeli dengan harga sekitar $899 (Rp 13,5 jt). KeyBanc Capital Markets dan analis Ming-Chi Kuo memberikan estimasi harga iPhone 9 berada di antara $699 (Rp 10,5 jt) iPhone 8 dan $799 (Rp 12 jt).

Tambahkan Komentar

Most popular

Most discussed